ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah ada pengaruh peta pikiran dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe
STAD terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem reproduksi
manusia di kelas XI SMA Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
TP 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI IPA SMA Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
TP. 2009/2010 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 180 orang.
Sedangkan sampel penelitian diambil secara acak dan dibagi atas 3 kelas, dimana
kelas XI IPA 1 dengan menggunakan STAD+Peta Pikiran dengan jumlah siswa
sebanyak 36 orang; kelas XI IPA 2 dengan menggunakan STAD dengan jumlah siswa
sebanyak 36 orang; dan kelas XI IPA 5 dengan menggunakan Konvensional dengan
jumlah siswa sebanyak 36 orang.
Berdasarkan hasil uji persyaratan data, data
hasil belajar siswa berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam
(homogen). Rata-rata hasil belajar siswa dengan STAD+Peta Pikiran adalah
sebesar 81,67; hasil belajar siswa dengan STAD adalah sebesar 75,37; dan hasil
belajar siswa dengan Konvensional adalah sebesar 68,42. Adanya perbandingan
hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan
uji-F (analisis varians satu arah) dengan taraf kepercayaan =0,01, dimana Fhitung > Ftabel (13,86 >
4,81), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus
menerima Ha. Dari uji-F yang dilakukan, ada pengaruh yang sangat
signifikan dari penggunaan peta pikiran
dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa
pada sub materi pokok sistem reproduksi manusia di kelas XI Sma Kampus FKIP
Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar TP. 2009/2010. Selanjutnya berdasarkan hasil uji Tukey (Honestly
Significant Differences = HSD) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang
sangat signifikan antara ketiga perlakuan. Model pembelajaran STAD+Peta Pikiran
memberikan hasil belajar yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar